PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Broto Apriliyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (2) Apakah hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi mengunakan problem based learning dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar menggunakan tes, sedangkan untuk aktifitas belajar menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Siswa semakin aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika pada pokok bahasan komposisi fungsi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (nilai rata-rata aktifitas belajar untuk tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut 77, 80, dan 82, sedangkan persentase ketuntasannya berturut-turut 59, 75, dan 84). (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi mengunakan problem based learning dapat meningkat. (nilai rata-rata hasil belajar untuk tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut 73, 75, dan 77, sedangkan persentase ketuntasannya berturut-turut 53, 66, dan 81).

 

Kata-kata Kunci: Pembelajaran Problem Based Learning, aktivitas belajar siswa,  prestasi belajar.


References


Abdullah, NI, Tarmizi, R, dan Abu, R. (2010). The Effects of Problem Based Learning on Mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form Four Secondary Level. Universiti Putra Malaysia. International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010), pp 370-376

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Cetakan Ke-2. Jakarta : Rineka Cipta

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : Yrama Widya.

Arends, R. (2008). Learning To Teach. New York: McGraw-hill.

Arikunto, S dan Jafar, C. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Bilgin, I, Senocak, E, dan Sozbilir, M. (2009). The Effect of Problem Based Learning Instruction on University Students Performance. Eurasia Journal of Mathematic, Science, and Technology Education, 2009, 5(2) 153-164

Fathurrohman, M. (2015). Model - Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta :Ar-Ruzz Media

Fermansyah, D. (2005). Matematika Program Ilmu Alam Kelas XI. Bogor : Regina

Hollands, R. (1991) Kamus Matematika (Terjemahan Naipospos Hutauruk). Jakarta : Erlangga

Joyce, B., Weil, M. dan Calhoun, E. (2011). Model of Teaching- Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Padmavathy, R.D. dan Mareesh .K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal. Vol-II, Issue-I, Jan-2013, pp 45-51

Purwoto. (2000). Strategi Pembelajaran Matematika. Surakarta : UNS Press

Rahayu, ES dan Nuryata, I. (2010). Pembelajaran Masa Kini. Jakarta Timur : SMKN 7 Jakarta

Rakhmat, C dan Suherdi D. (2001). Evaluasi Pengajaran. Bandung : Maulana

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo

Setiawan. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta : PPPPTK Matematika

Sheryl MacMath, John Wallace, dan Xiaohong Chi. (2009). Problem-Based Learning in Mathematics: A Tool for Developing Students’ Conceptual Knowledge. The Literacy and Numeracy Secretariat. University of Toronto

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta

Slavin, R. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media

Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : Universitas Diponegoro.

Suminar, EWS. (2011). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe STAD Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Winkel, WS. (1991). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.